Minggu, 17 November 2013

BALI-LOMBOK

(10 – 16 November 2013)

Hay,, hay,, sepertinya saya sudah tidak sabar untuk menuliskan perjalanan KKL saya ke Bali Lombok, dimana tempat yang ingin sekali saya kunjungi, Alhamdulillah data list kota2 yang ingin saya kunjungi ada 3 centang,, seneng banget pokoknya, sebenarnya dari lubuk paling dalam tambah seneng jika bersama keluarga,, insyaallah kesana lagi lah bersama keluarga.. amin

Tarrrrrraaaaaa… langsung mulai aja ya cerita perjalanannya, memorynya udh tersimpan dalam otak saya nih,, hehehe tak tahan buat ditulis,, hehe
pagi itu hari minggu tanggal 10 November saya dan teman2 berkumpul di GSG Tembalang, perjalanan awal menuju kota pertama yaitu Bali, kita berangkat sekitar pukul 07.30 dari Tembalang, dan kita sampai di Tuban pukul 11.30 disana kita makan siang sembari sholat dhuhur.. perjalanan pun cepat sekali, pak sopirnya ngebut pakek bnget. Sopir sumber kencono ampek kalah.. haha sekitar jam 10an sore kita nyampek di pelabuhan gilimanuk, dan kita nyebrang ke Bali, kita sampai di rumah makan sekitar jam ½ 4 pagi disana kita istirahat sebentar dan mandi, sampai jam yang di tentukan, kemudian kami melakukan kunjungan yang pertama di Bali yaitu di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pangambengan dan dilanjutkan di PT indofish. PPN pangambengan memang hebat menaikkan karirnya dari PPP sekarang bisa menjadi PPN, perjuangan yang sangat lama dari tahun 1992 sampai sekarang, dengan hasil produksi meningkat setiap tahunnya. indofish merupakan tempat pembuatan sarden ikan, ternyata yang memiliki pabrik gedhe ini orang cina dan kalian tau pegawai disana yang bertugas memasukkan kaleng di dalam dus, setiap 1 dus dia dapet Rp 200, tak sepadan dengan capeknya dan tempat yang tidak kondusif disana,, Subhanallah banget lah..

PPN Pangambengan Bali

Bali memang terkenal dengan culture nya,, sangat banyak dan masih dijaga sampai saat ini. Misalnya saja upacara ngaben, merupakan upacara kematian yang paling murah mengelurkan uang sebesar Rp 20 juta dan paling mahal tak terhingga, bisa sampai milyaran juga lo,, wooww,,, tergantung kemampuan masyarakat dan kegengsian masyarakat disana,, hehehe di Bali itu paling banyak beragama hindu jadi di setiap depan rumah mereka terdapat tempat ibadah mereka, hampir di sepanjang jalan saya melihatnya, dan sesajen di dalamnya, dan ada di tengah jalan biasanya, sayang aq g ngerti maksudnya, pingin nanya tapi g enak hati,, hehehe turis dari mancanegara banyak sekali berdatangan di Bali, menikmati pantai dan keindahan Bali yang tak bisa di ungkapkan dengan kata2. Bali berkesan menurut saya, karna tak ku jumpai di Jawa, Bali kau memang istimewa.

Perjalanan sehari di bali langsung dilanjutkan menyebrang ke Lombok dari pelabuhan gilimanuk menuju pelabuhan padangbae (smoga tidak salah,, amin hehe), kapal menuju Lombok sangat nyaman, tak terasa naik kapal jika ombaknya g gedhe,, hehehe Lombok memang eksotis banget, pantai yang kami kunjungi di Lombok yaitu pantai senggigi, pantai gili trawangan dan pantai kuta. Hotel yang kita tempati berhadapan langsung dengan pantai senggigi, setiap makan pagi kita menikmati indahnya pantai disana, sedangkan pantai gili trawangan kira2 2 jaman dari pantai senggigi, menuju pantai gili trawangan harus menggunakan kapal menuju kesana, tapi saya tak tau berapa uangnya, udah di koordinir ma trevelnya,, hehehe yang penting satu kapal 30 orang, dan harus imbang, perjalanan sekitar 20 menit. Alhamdulillah saat berangkat cuacanya sangat cerah dan kami bisa menikmati keindahan pantai gilitrawangan yang masih alami tanpa pencemaran, warna laut yang sangat biru sangat, mata ini rasanya tak ingin memejamkan karna keindahannya, disana saya sempet main snorkeling pertamanya agak2 g bisa makainya, tapi habis pertamanya nyoba,, wooww,, pengalaman pertama, sayang ikannya dikit, kami mainnya g terlalu jauh sih,, aq takut juga,, kan g mahir berenang, nilai renang aja C (buka aib,, hehehe) dan ikan hias banyak disana, dan ada ikan kecil yang menggerombol, aku pun mendekati dan ingin memegangnya tapi mereka kabur,, hahaha beberapa jam saya main snorkeling dan saya puas, sayang nya disana itu kamar mandinya g memadahi airnya nyala g nyala g,, tapi Alhamdulillah dapat air juga. Banyak sekali turis yang berkunjung di pantai ini, banyak yang berjemur disana, kalau mereka pingin hitam kalau kami takut hitam,, hehehe melihat pantai gili trawangan rasanya tak ingin meninggalkannya, sangat indah. “ciptaan Allah manakah yang engkau dustakan”, subhanallah. Sepulang dari gilitrawangan hujan tlah mengguyur Lombok, hujan pun turun saat kita berada di kapal, wah,,, basah deh,, serem juga hujan di kapal, ombaknya gedhe sangat, kami lihat ada yang guling kapalnya,, jadi serem,, hehe alhamdulillah tidak apa2 dengan kapal kami. Pantai ketiga yang kami kunjungi namanya seperti pantai di Bali, namanya pantai Kuta, disana panas banget g terlalu bnyak pepohonan, tapi pasirnya itu lo enak bnget buat tidur,, hehehe pasir mrica, maaf saya ambil pasirnya buat aquarium ya,, sayang nya disana banyak sekali penjual yang memaksa, jadi kalian hati2 disana kalian pasti diikuti penjualnya kemana anda pergi, foto2 sekalipun,, hehe kebanyakan penjualnya anak2 mereka menjual gelang, tapi karna g laku mereka minta uang, contoh tidak baik sangat. Kita hanya menikmati keindahan pantai selama 30 menit saja, tak lama. tapi sudah menyusuri beberapa pantai di Lombok itu sudah sangat cukup puas sangat saya. Alhamdulillah saya bisa kesana, dan semoga bisa kembali lagi bersama keluarga,, amin

Pantai Kuta Lombok

Pantai senggigi Lombok

Pantai Gilitrawangan Lombok

Pantai Gili Trawangan Lombok

Pantai Kuta Lombok

Masyarakat Lombok 80% penduduknya beragama muslim, dan mata pencaharian mereka sebagai petani, hotel disana kebanyakan milik warga asing yang investasi di sana, sayang sekali, Negara Indonesia tetapi kebanyakan dikuasai oleh warga asing, dan warga local hanya sebagai buruhnya saja. Semoga beberapa tahun kedepan Lombok tetap masih milik Indonesia,, amin di Lombok ada yang namanya suku sasak, suku yag masih mengikuti nenek moyangnya, disana terdapat adat nikah lari, kalau lamaran itu disana malah g boleh, kasar katanya,, aneh ya,,, hehehe kawin lari pun juga aneh, nanti kalau saya critakan disini tak ada habisnya, tapi intinya bawa lari anak orang,, hehehe. Di 3 pantai yang kami kunjungi di Lombok saya tidak menemukan nelayan disana, mungkin da pantai tersendiri yang kusus nelayan, disana hanya wisatawan saja, dan di pantai senggigi hanya sedikit yang melakukan budidaya mutiara, di Lombok terkenal dengan budidaya mutiara, dan banyak penjual disana, kami berhenti di tempat penjualan mutiara air laut dan tawar. Di Indonesia tidak ada mutiara air tawar, jadi jika banyak yang di jual disana itu merupakan mutiara air tawar yang import dari Negara lain, karna di Indonesia hanya budidaya air laut. Cara menentukan apakah itu mutiara asli atau tidak dengan digigit jika digigit ada geret2nya jadi asli, jika licin saja itu tidak asli, harga per gram mutiara air laut sekitar 300rb ke atas,, hanya orang kaya yang bisa membelinya,, hehehe

Lombok sangat berkesan, kita membuat acara Gurammy award disana, pemberian katagori-katagori yang sudah di persiapakan panitia, mulai dari terrajin, mirip pemain sepak bola, mirip artis, mirip dosen, termodis, terlucu, tericuh, terdiam, terromantis, dan pemilihan king-queen PSP 2010, panitia acaranya aneh2 aja,, hehe tapi berkesan lah,, dengan teman2 yang tampil beda hari itu, berasa sehari jati ratu, teman2 keliahatan bedha tambah cantik-cantik dan ganteng-ganteng, paling kelihatan beda itu para cewek, sangat cantik temen2,, sampai minder,, hahaha (tapi saya tak kalah cantik lah,, kan paling cantik di rumah,, hehehe maap g da yang muji, jadi muji diri sendiri,, haha), selesai penghargan dan di selingi pentas seni oleh teman2 sendiri, sangat keren dari kita untuk kita. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan berkesan.

Isna-Ika-Edwi

Nopi-Tari-Edwi-Ika-Isna

Perjalan selanjutnya kita ke Bali lagi, kami berkunjung ke taman mangrove, dan pusat oleh2 disana, ada yang sangat istimewa disana saat di tempat pusat oleh2 dan tempat makan malam, disana ada suasa yang sangat langka, yaitu teman cowok  kami menembak temen cewek kami, Alhamdulillah tidak mati,, hehehe peace.. penembekan dengan di nyanyikan lagu, terus tak tau tak tinggal sholat,, hehe tapi sayang di tolak, akhirnya ungkapan yang telah lama dipendam telah tersampaikan, sangat cowok banget,, haha salut deh buat kalian, yang bisa kekeh dengan pendirian masing2.

Taman Mangrove Bali

Pantai yang kita kunjungi di Bali ada 3 juga, pantai kuta, tanah lot dan pantai tanjung benoa,  di tanjung benoa disana kita bisa bermain, mulai dari para layang, banana boat, dll, tapi saya tak mencobanya,, jam 11 kita disana panas banget, banyak turis juga disana, teman2 sempet bermain voly juga disana sama turis dari cina tapi g bisa bahasa inggris,, hehe waktu di kuta hujan tlah menguyur kota Bali, mungkin Bali bersedih karna kita mau pulang,, hehehe kemudian kita ke tanah lot, saya tau sekarang bagaimana tanah lot, tempat yang sering ada di tv, memang ni kali pertama saya ke bali, saya tau sekarang. Alhamdulillah,,, kami di Bali juga berkunjung ke BCC (Bali Ceter Culture) disana kami melihat tarian2 yang ada dibali, dan pembuatan hiasan di sesajen, dan tari topeng lucu,,, saya di ajak foto,, haha serem sih takut dipegang,, tapi jinak kok,, hehehe memang sangat indah budaya Bali, jika saya berkesempatan lama disana saya ingin bertanya tentang budaya Bali lebih dalam lagi, dan di Bali memang pusatnya orang2 yang pintar dengan seni, mulai dari melukis, nari, membuat patung, dll. Jadi kalau sekolah seni disana g salah deh,, hehehe

Pantai Tanjung Benoa Bali

Pantai Kuta Bali

Pantai Tanah Lot Bali

1 minggu tak terasa sudah di Bali daan Lombok, meskipun hanya sebentar di tempat kunjungan dan paling lama di perjalanannya, tapi rasa puas ini tak terbendungkan, sangat puas. Semoga nanti bisa kesana lagi bersama keluarga biar bisa lama disana. Dan buat teman2 trimakasih, gara2 disana pun saya jadi di panggil mentel nih, saya kan sebenarnya pendiam kalau tidur, hmm,, padahal saya disana menjadi dokumentasi yang proposional,, hehe memotret itu udah kebiasaan saya dari dulu, ni kamera juga minjem kakak,, hehe tahun depan udah ganti SLR lah,, amin bali sangat berkesan dan Lombok tak kan ku lupakan, kalian memang sebagian dari Indonesia yang sangat indah, seindah saat dia tersenyum (haha nglantur,, hehe), sudahlah nulisnya,, makasih ya buat semuanya,, buat krew naura tour dan pak sopir yang tahan banget tidak memejamkan mata,, padahal saya setiap naik bis langsung bubuk,, hahahaha… see you later, tunggu next trip selanjutnya bersama KELUARGA SAYA,,
^_^

“BALI KAU MEMANG ISTIMEWA, LOMBOK KAU TAK KAN KU LUPAKAN”